RSS

Keutamaan Menuntut Ilmu

10 Dec
Keutamaan Menuntut Ilmu

Bismillaahirrahmaanirrahiim…,

Segala puji hanya bagi Allah subhaanahu wa ta’aala. Dzat yang “kursi”-Nya meliputi langit dan bumi. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah, Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang telah begitu berjasa sehingga membukakan kesempatan kepada kita untuk dapat merasakan lezatnya nikmat iman dan islam ini.

Tulisan pertama saya. Berharap bisa menjadi awal yang baik. Persembahan untuk rekan-rekan pengunjung blog saya yang sudah pasti dalam keadaan luar biasa. Karena bagaimanapun kondisi kita, saat ini kita masih diberikan kesempatan untuk bernafas, masih diberikan kesempatan untuk terus memperbaiki diri, mengumpulkan bekal menuju kehidupan akhirat yang kekal. Satu hal ini saja, sudah cukup menjadi alasan bagi kita untuk terus bersyukur.
Jadi., ayolah..,manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Bahasa saya mungkin akan terkesan formal. But I think, that’s my style. (bawaan lahir.., Hehe..). Mudah-mudahan tidak mengurangi kenyamanan teman-teman untuk terus membaca tulisan ini sampai selesai.

Kali ini ijinkan saya berbagi sebuah tulisan yang dulu membuat saya termotivasi untuk kembali “belajar”. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi juga buat teman-teman. Dan rasakanlah adanya rasa nyaman dan tentram tak terungkapkan di dalam hati ketika teman-teman telah memulainya. Jika saat ini teman-teman sedang dalam perjalanan mencari ketenangan, semangat dan alasan untuk terus menjalani hidup, maka saya berani berkata bahwa dari sinilah semuanya bermula.

Bukan bermaksud berlebihan, tapi pada kenyataannya memang demikian. Karena Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

” Tidaklah suatu kaum berkumpul di satu rumah Allah, mereka membacakan kitabullah dan mempelajarinya, kecuali turun kepada mereka ketenangan, dan rahmat menyelimuti mereka, para malaikat mengelilingi mereka dan Allah memuji mereka di hadapan makhluk yang ada didekatnya. Barangsiapa yang kurang amalannya, maka nasabnya tidak mengangkatnya.” [1]

Hadits ini merupakan potongan hadits yang diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah. Dalam hadits tersebut, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, sang nabi yang perkataannya tidak pernah kita dustakan, telah menjanjikan bahwa seseorang yang berkumpul untuk mengkaji Al-Quran, duduk dalam suatu majelis ilmu, maka Allah akan menganugerahkan ketenangan kepadanya.

Tuh.., bener kan?., belum lagi ada faidah lain yang juga disebutkan dalam hadits itu. Ini baru satu hadits.., serunya masih banyak lagi hadits yang menjelaskan keutamaan-keutamaan lain dari menuntut ilmu. Simak tulisan ini sampai akhir ya..,

Tulisan ini banyak saya ambil dari sebuah buku yang pernah saya baca. Judulnya “Kitaabul ‘Ilmi”. Bagi teman-teman pembaca yang menemukan suatu kekurangan atau kesalahan dalam tulisan ini, jangan sungkan untuk menambahkan dan mengoreksi. Semoga koreksi tersebut dapat mendatangkan kebaikan bagi diri saya dan juga untuk teman-teman pembaca.

Ilmu merupakan anugrah yang sungguh luar biasa. Dengan ilmu, Allah meninggikan dan merendahkan kedudukan seseorang. Ilmu merupakan kebutuhan vital, yang tanpanya mustahil manusia dapat hidup di dunia ini. Sebelum kita membahas lebih dalam, mari sedikit kita tengok definisi dari ilmu.

Definisi Ilmu Secara Bahasa : Lawan dari jahl (kebodohan)

‘Ilmu’ dapat diartikan “mengetahui sesuatu sesuai pada kenyataannya dengan pengetahuan yang pasti “.

Definisi Ilmu Secara Istilah

Sebagian ahlul ilmi berkata: “Ilmu adalah pengetahuan, lawan dari kebodohan.” Sebagian yang lain berkata: “Sesungguhnya ilmu itu lebih jelas dari sekedar yang didefinisikan.”

Yang dimaksud ilmu dalam pembahasan ini adalah ilmu syar’i. Adapun yang dimaksud dengan ilmu syar’i adalah segala sesuatu yang diturunkan Allah kepada Rasul-Nya berupa keterangan dan petunjuk. Ilmu yang terdapat pujian bagi para pencarinya. Ilmu tentang perkara yang diturunkan oleh Allah saja. Sedangkan ilmu-ilmu lain tentang masalah duniawi, misalnya ilmu matematika, kimia, fisika, ilmu pertanian, teknik,kedokteran, perbintangan, dan sebagainya; juga memiliki faedah dalam batasan tertentu, namun tidak masuk dalam pembahasan tulisan ini.

Seandainya ilmu (tentang masalah duniawi) ini adalah ilmu yang padanya terdapat pujian, tentu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling ‘alim (mengetahui) tentangnya di antara manusia. Karena orang yang paling banyak dipuji karena ilmu dan amalnya adalah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Oleh karena itu, jika kita mampu bersungguh-sungguh mencurahkan segala daya upaya dan tenaga untuk menguasai ilmu di bangku sekolah formal, kenapa harus berkata tidak mampu untuk bersungguh-sungguh menuntut ilmu yang akan mengantarkan kita pada kebahagiaan dan kesuksesan dunia akhirat.

Sebagaimana ditunjukkan oleh hadits Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

” Barangsiapa yang menempuh sebuah jalan untuk  mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga.” [2]

Tentu masing-masing dari kita berharap bisa masuk surga. Maka buktikanlah kesungguhan niat kita itu dengan menuntut ilmu, sehingga Allah berkenan memudahkan jalan kita untuk menuju tempat tujuan akhir itu.

Dalam riwayat lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

” Barangsiapa yang diinginkan kebaikan baginya, maka Allah pahamkan agama kepadanya.” [3]

Pantas bagi kita untuk terus bermuhasabah (introspeksi diri) atas keadaan diri kita. Barangkali saat ini kita telah berhasil meraih prestasi gemilang dalam hidup; memiliki rumah yang indah, penghasilan yang cukup, mendapat gelar profesor, kerja di perusahaan ternama, dan segudang prestasi lainnya. Namun, jika kita belum paham tentang agama yang menjadi pedoman hidup kita, maka kita patut untuk khawatir, bisa jadi Allah tidak menghendaki kebaikan bagi diri kita. Karena kebahagiaan yang kekal dan hakiki hanya di akhirat. Dan ilmu (syar’i) adalah bekal utama untuk meraihnya. Oleh sebab itu, mari bersemangat dalam menuntut ilmu.

Ilmu adalah cahaya yang dengannya manusia mendapatkan petunjuk untuk keluar dari kegelapan menuju terang benderang. Dengan ilmu, Allah meninggikan derajat orang-orang yang Dia kehendaki dari makhluk-Nya.

“…Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…”(Al-Mujaadilah: 11)

Tentu kita sering mendapati bahwa ahlul ilmi itu mendapatkan kedudukan yang terpuji ketika sebagian manusia memperbincangkan mereka dan ini adalah pengangkatan derajat bagi mereka di dunia. Meskipun mungkin secara lahiriyah keadaan mereka tidak istimewa; bukan orang kaya bukan pula pejabat, bukan seorang sarjana bukan pula lulusan D3, usia mungkin belum cukup dewasa tapi lantaran pengetahuan agama mereka yang begitu luas, maka mereka pun menjadi orang yang mulia dihadapan manusia. Adapun di akhirat kelak, mereka akan diangkat derajatnya sesuai dengan apa yang mereka lakukan berupa da’wah ilallah dan beramal dengan apa yang mereka ilmui.

Akankah kita menjadi bagian dari mereka? Mari kita usahakan bersama.

Hmm., tampaknya tulisan saya sudah terlalu panjang untuk sebuah tulisan perdana. Padahal masih banyak lagi keutamaan menuntut ilmu yang belum saya cantumkan. Mudah-mudahan Allah memberikan kesempatan kepada saya untuk dapat meneruskannya di tulisan berikutnya. Aamiin,

Ayo terbuka kesempatan buat teman-teman untuk melengkapi tulisan ini. Tinggalkanlah jejak dalam bentuk komentar. Mudah-mudahan dapat menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi.

Saya cukupkan sekian dulu. Apabila ada benarnya datangnya dari Allah subhaanahu wa ta’ala. Apabila ada kurang dan salahnya datangnya dari diri saya pribadi.

Wallahu a’lam.

1. HR. Muslim, dalam Shahihnya, Kitab Adz Dzikir Wad Du’a, Bab Fadhlul Ijtima’ ‘Ala Tilawatil Qur’an Wa ‘Ala Dzikr, nomor 6793, juz 17/23. (Lihat Syarah An Nawawi).
2. Dikeluarkan oleh Muslim/Kitabud Da’awat/Bab Keutamaan berkumpul untuk membaca Al Qur’an.
3. Al-Bukhari/Kitabul Ilmi/Bab ‘Barangsiapa yang dikehendaki kebaikan’

 
Leave a comment

Posted by on December 10, 2012 in nikmat islam, sharing

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: